Tautan-tautan Akses

Vietnam Kembangkan Tenaga Nuklir Bersama Rusia, Jepang


Presiden Rusia Dmitry Medvedev dan Presiden Vietnam Nguyen Minh Triet berjabat tangan di kediaman kepresidenan di Hanoi, 31 Oktober 2010

Presiden Rusia Dmitry Medvedev dan Presiden Vietnam Nguyen Minh Triet berjabat tangan di kediaman kepresidenan di Hanoi, 31 Oktober 2010

Presiden Rusia Dmitry Medvedev dan Presiden Vietnam Nguyen Triet menyerukan peningkatan perdagangan dan investasi antara kedua negara.

Presiden Rusia Dmitry Medvedev dan Presiden Vietnam Nguyen Minh Triet menyerukan peningkatan perdagangan dan investasi antara kedua negara.

Kedua pemimpin bertemu hari Minggu di Hanoi untuk menandatangani perjanjian konstruksi pembangkit tenaga nuklir dan kesepakatan bilateral lainnya.

Dalam perjanjian bernilai 5 milyar dolar itu, Rusia akan membangun PLTN pertama Vietnam. Konstruksinya diperkirakan akan dimulai tahun 2014.

Presiden Medvedev mengatakan kepada wartawan setelah pertemuan bahwa pembangkit listrik itu akan digunakan oleh sebagian besar pasar energi Vietnam dan memungkinkan Vietnam untuk berkembang menjadi negara modern.

Presiden Triet mengatakan kesepakatan itu menunjukkan kepercayaan Vietnam terhadap teknologi Rusia.

Sebelumnya hari Minggu, Perdana Menteri Vietnam Nguyen Tan Dung dan PM Jepang Naoto Kan mengatakan kedua negara akan bekerja sama untuk membangun pembangkit tenaga nuklir di Vietnam.

XS
SM
MD
LG