Tautan-tautan Akses

Vietnam Jatuhkan Hukuman Penjara bagi Para Pembangkang


Mereka dituduh mempromosikan sebuah negara multi partai dan berkolaborasi dengan Partai Demokratik Vietnam yang dilarang.

Sebuah pengadilan banding Vietnam telah mengukuhkan hukuman penjara bagi dua pembangkang politik terkenal yang dinyatakan bersalah karena melakukan tindak subversi.

Pengadilan itu mengukuhkan hukuman penjara 16 tahun bagi pengusaha internet Tran Huynh Duy Thuc hari Selasa dan lima tahun penjara bagi pengacara hak asasi lulusan Amerika Le Cong Dinh.

Para pejabat mengatakan pengadilan itu mengurangi hukuman untuk tersangka ketiga, Le Thang Long yang dituduh bekerja sama dengan Thuc dan Dinh dalam kegiatan-kegiatan yang ditujukan untuk menjatuhkan pemerintah Vietnam. Le Thang Long kini mendapat hukuman 3,5 tahun dari hukuman semula lima tahun.

Ketiga pembangkang itu dinyatakan bersalah dalam bulan Januari bersama tersangka ke empat, Nguyen Tien Trung. Mereka dituduh mempromosikan sebuah negara dengan multi partai dan berkolaborasi dengan Partai Demokratik Vietnam yang dilarang. Trung yang menjalani hukuman tujuh tahun tidak mengajukan banding.

Kelompok-kelompok hak asasi mengatakan persidangan itu bermotif politik karena para pemimpin Partai Komunis Vietnam sedang mempersiapkan kongres nasional tahun depan.

XS
SM
MD
LG