Tautan-tautan Akses

Vietnam Desak Penyelamatan Kura-kura Raksasa yang Legendaris


Kura-kura raksasa yang langka ini, terluka di luka dan kakinya dan masih berada di danau Hoan Kiem di Hanoi, Vietnam.

Kura-kura raksasa yang langka ini, terluka di luka dan kakinya dan masih berada di danau Hoan Kiem di Hanoi, Vietnam.

Upaya penyelamatan sejauh ini gagal dan kura-kura raksasa dengan luka menganga di leher dan kaki ini menghindar dari penyelamat yang berharap bisa menangkapnya dengan jaring besar.

Ribuan orang yang khawatir berkumpul di sebuah danau tercemar di ibukota Vietnam, Hanoi, untuk menyaksikan upaya penyelamatan kura-kura raksasa langka yang menjadi bagian budaya rakyat Vietnam.

Rekaman video televisi minggu ini menunjukkan kura-kura air tawar seberat 200 kilogram dengan luka menganga pada leher dan kakinya. Sejumlah pekerja pada hari Selasa terlihat berupaya menjauhkan atau mendorong kura-kura ini dari pembuangan air dan danau Hoan Kiem yang penuh sampah supaya bisa segera mendapat pengobatan.

Upaya-upaya penyelamatan sejauh ini gagal dan kura-kura raksasa ini menghindar dari penyelamat yang berharap bisa menangkapnya dengan jaring besar. Para pakar mengadakan pertemuan untuk memutuskan apa yang selanjutnya akan dilakukan.

Dikenal sebagai “kakek buyut," kura-kura ini diperkirakan satu dari hanya empat sejenisnya yang masih hidup. Sejarahnya bisa ditelusuri sejak berabad-abad dalam dongeng-dongeng rakyat Vietnam. Sebagian bahkan percaya kura-kura ini adalah hewan yang sama yang membantu raja Vietnam mengusir pasukan Tiongkok hampir enam abad lalu.

Sejumlah foto kura-kura "kakek buyut" yang dimuat baru-baru ini telah memicu keprihatinan publik. Koran-koran Hanoi mengangkatnya sebagai berita halaman depan dan perbincangan internet penuh dengan dukungan bagi binatang ini.

XS
SM
MD
LG