Tautan-tautan Akses

Vietnam dan Tiongkok Sepakat Tindaklanjuti Deklarasi Bersama Mengenai Laut Cina Selatan

  • Muliarta

Asisten Menlu Tiongkok, Liu Zhenmin berbicara dengan anggota delegasinya dalam pertemuan ASEAN-Tiongkok di Bali (20/7)

Asisten Menlu Tiongkok, Liu Zhenmin berbicara dengan anggota delegasinya dalam pertemuan ASEAN-Tiongkok di Bali (20/7)

Perundingan-perundingan kearah penyelesaian masalah Laut China Selatan terus bergulir. Kini Vietnam dan Tiongkok telah sepakat untuk segera menindaklanjuti dan mengimplementasikan Declaration on the Conduct (DOC) atau Deklarasi bersama yang memuat elemen-elemen kerjasama di Laut China Selatan.

Pemerintah Vietnam dan Tiongkok sepakat untuk mulai menindaklanjuti dan mengimplementasikan Declaration on the Conduct (DOC) atau Deklarasi bersama yang memuat elemen-elemen kerjasama di Laut China Selatan. Kesepakatan tersebut disampaikan Pimpinan delegasi penjabat tinggi kedua negara dalam pernyataan bersama yang disampaikan dihadapan wartawan di sela-sela Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN di Nusa Dua Bali pada Rabu Pagi.

Kedua pimpinan delegasi pejabat tinggi tersebut mengakui akan terus melakukan dialog dan diskusi untuk mencapai suatu kesepakatan bagi implementasi DOC. Pimpinan delegasi penjabat tinggi Vietnam Pham Quang Vinh menyatakan pihaknya akan terus melakukan pertemuan yang konstruktif untuk mencapai tujuan bersama yaitu mempromosikan perdamaian, kerjasama, rasa saling percaya dan menciptakan stabilitas kawasan di ASEAN dan Laut China Selatan.

Pham Quang Vinh mengatakan, “Melalui diskusi yang bermanfaat dan dialog konstruktif, kita telah mampu sampai pada tingkat kesepakatan mengenai rancangan pedoman pelaksanaan DOC. Ini adalah awal yang signifikan dan baik bagi kita untuk bekerja sama untuk melanjutkan dialog dan kerja sama, dengan pandangan kita untuk lebih mempromosikan perdamaian, stabilitas dan kepercayaan di kawasan dan kita berpikir bahwa kita memiliki beberapa agenda diskusi kedepan dan menindaklanjuti kegiatan, termasuk kerjasama kegiatan di daerah tersebut.”

Sedangkan Pimpinan delegasi penjabat tinggi Tiongkok Liu Zhen Min menyatakan kesepakatan ini merupakan tonggak penting bagi penyelesaian masalah Laut China Selatan. Bahkan pada pertemuan kelompok kerja gabungan yang akan datang Tiongkok menyatakan kesiapanya menjadi tuan rumah pertemuan tersebut.

Liu Zhen Min mengatakan, “Tiongkok akan menjadi tuan rumah pertemuan berikutnya dari kelompok kerja gabungan, dalam beberapa waktu kedepan pada tahun ini dan untuk menjelaskan proses kerjasama lebih lanjut. Jadi ini adalah dokumen penting dalam kerjasama antara negara-negara Tiongkok dan ASEAN. Sekarang, kami memiliki masa depan yang cerah untuk kerjasama di masa depan.”

Sebelumnya Indonesia melalui melalui Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa mendorong ASEAN dan Tiongkok untuk segera menindaklanjuti DOC guna mewujudkan keamanan di kawasan ASEAN. Indonesia juga mendorong agar DOC tersebut segera ditingkatkan statusnya menjadi Code of Conduct (COC) atau kode etik bersama guna menjamin keamanan di wilayah Laut China Selatan.

XS
SM
MD
LG