Tautan-tautan Akses

Vietnam Buka 3 Lokasi Baru untuk Cari Tentara AS yang Hilang


Menhan AS Leon Panetta (kiri) melakukan konferensi pers bersama Menhan Vietnam Phung Quang di Hanoi, Senin (4/6).

Menhan AS Leon Panetta (kiri) melakukan konferensi pers bersama Menhan Vietnam Phung Quang di Hanoi, Senin (4/6).

Menteri Pertahanan Vietnam mengatakan upaya pencarian tentara AS yang hilang dalam tugas itu kepada Menhan AS Leon Panetta hari Senin (4/6).

Menteri Pertahanan Vietnam mengatakan kepada Menteri Pertahanan Amerika Leon Panetta, Senin, bahwa pemerintah komunis akan membuka tiga lokasi baru bagi pencarian dan penggalian kerangka jenazah tentara Amerika yang meninggal dalam perang puluhan tahun silam.

Janji tersebut dikemukakan dalam pertemuan antara Panetta dan Menteri Pertahanan Vietnam Phung Quang Thanh. Kedua petinggi militer itu juga saling bertukar artefak dari perang tersebut, yakni buku harian seorang tentara Vietnam dan surat-surat pribadi yang ditulis seorang tentara Amerika, yang diambil tentara kedua belah pihak semasa Perang Vietnam.

Hari Minggu, Panetta menjadi pejabat tertinggi Amerika yang mengunjungi bekas pangkalan angkatan udara dan angkatan laut Amerika di Teluk Cam Ranh sejak perang Vietnam berakhir tahun 1975.

Panetta mengunjungi kapal kargo Richard E Byrd milik angkatan laut Amerika yang sedang berlabuh di sana. Kapal dengan awak yang sebagian besar sipil itu mengangkut barang bagi armada angkatan laut Amerika.

Lawatan Panetta ke Vietnam itu dilakukan setelah ia berpidato hari Sabtu pada forum keamanan di Singapura, di mana ia mengatakan Angkatan Laut Amerika akan memindahkan sebagian besar kapalnya ke Pasifik sebelum tahun 2020 sebagai bagian dari fokus strategi ke Asia.

Ia sedang melakukan lawatan sepekan ke kawasan Asia Pasifik, yang juga akan membawanya ke India.
XS
SM
MD
LG