Tautan-tautan Akses

Vietnam Bebaskan 2 Lagi Aktivis Terkemuka


Aktivis politik terkemuka Vietnam, Nguyen Tien Trung akhirnya dibebaskan (foto: dok).

Aktivis politik terkemuka Vietnam, Nguyen Tien Trung akhirnya dibebaskan (foto: dok).

Vietnam telah membebaskan dua lagi aktivis politik terkemuka, beberapa hari setelah seorang aktivis terkenal lainnya dibebaskan dan diizinkan pergi ke Amerika.

Dua aktivis politik terkemuka Vietnam, Nguyen Tien Trung dan Vi Duc Hoi dibebaskan beberapa bulan sebelum masa hukuman mereka berakhir. Langkah tak terduga ini ditanggapi secara beragam oleh para pengamat politik.

Menurut Trung, pihak berwenang mengatakan kepadanya keringanan itu diberikan karena perilakunya yang baik di dalam penjara. Namun aktivis lantang berusia 31 tahun itu berpendapat pembebasan dininya terkait tekanan dunia internasional.

Trung ditangkap tahun 2009 dan divonis tujuh tahun penjara karena subversi. Ahli komputer itu, yang masih harus menjalani tahanan rumah selama tiga tahun, mengatakan belum punya rencana terkait aktivitas politik.

Vi Duc Hoi, yang divonis penjara lima tahun karena “propaganda anti-negara” tahun 2011, juga dibebaskan akhir pekan lalu.

Seminggu sebelumnya, pengacara HAM Cu Huy Ha Vu dibebaskan dini dari penjara dan berangkat ke Amerika setelah menjalani tiga dari tujuh tahun hukuman penjara.

Baik Vietnam dan Amerika belum berkomentar mengenai kondisi dibalik pembebasan dini Vu yang tiba-tiba itu.
XS
SM
MD
LG