Tautan-tautan Akses

Vietnam Bayar Ganti Rugi Perusahaan akibat Kerusuhan


Polisi Vietnam di Ho Chi Minh berusaha mencegah perusakan oleh massa dalam demo anti China (foto: dok).

Polisi Vietnam di Ho Chi Minh berusaha mencegah perusakan oleh massa dalam demo anti China (foto: dok).

Vietnam melakukan pembayaran pertama 7 juta dolar lebih sebagai ganti rugi bagi 140 perusahaan termasuk perusahaan Taiwan dan China.

Vietnam telah melakukan pembayaran pertama, sejumlah 7 juta dolar lebih sebagai ganti rugi bagi 140 perusahaan termasuk perusahaan Taiwan dan China yang diserang selama kerusuhan anti China bulan lalu.

Sekurangnya dua pekerja China tewas dan puluhan luka-luka ketika demonstrasi anti China rusuh di beberapa wilayah Vietnam. Lebih dari 1000 orang dilaporkan ditangkap karena terlibat kekerasan.

Vietnam juga berjanji untuk membantu perusahaan-perusahaan yang terimbas pulih dari kerusuhan terburuk dalam beberapa tahun dengan menawarkan sejumlah program seperti keringanan pajak.

Langkah tersebut dilakukan sementara parlemen Vietnam, Dewan Nasional mengakhiri sidang terakhirnya dengan pernyataan keras yang mengatakan penggantian anjungan minyak yang kontroversial di Laut China Selatan “pelanggaran serius atas kedaulatan dan hukum internasional.

Tapi parlemen itu tidak mengeluarkan resolusi mengenai ketegangan di Laut China Selatan sebagaimana yang direkomendasikan oleh beberapa anggotanya sehingga memicu beragam reaksi publik.
XS
SM
MD
LG