Tautan-tautan Akses

AS

Video-video Uji Coba Senjata Nuklir AS Dilansir di YouTube


Laboratorium 'Lawrence Livermore National' telah merilis video yang mendokumentasikan uji coba senjata nuklir AS (foto: dok).

Laboratorium 'Lawrence Livermore National' telah merilis video yang mendokumentasikan uji coba senjata nuklir AS (foto: dok).

Semasa Perang Dingin, film-film mengenai uji coba senjata nuklir AS tergolong dokumen dengan kerahasiaan tinggi. Tetapi sekarang siapapun dapat menyaksikan film-film tersebut yang baru saja dirilis di YouTube.

Greg Spriggs, pakar fisika di Laboratorium Nasional Lawrence Livermore di California, mengatakan, 750 film terancam rusak dan tak bermanfaat lagi.

Video-video itu dibuat pada tahun 1950-an dan 1960-an sebagai bagian dari uji coba mengenai berbagai jenis ledakan atom dan untuk memprediksi kerusakan yang ditimbulkan jika terjadi perang nuklir.

Data dan observasi dari berbagai uji coba masih berharga bagi para peneliti sekarang ini.

"Kami telah memindai lebih dari 4.200 film,” kata Sprigg. “Satu-satunya data yang kami miliki adalah tes-tes lama ini.”

Amerika Serikat dan Uni Soviet ketika itu menguji coba ribuan bom nuklir, termasuk di atmosfer, di darat, di bawah tanah dan di bawah permukaan air, semasa Perang Dingin. Amerika melakukan tes terakhirnya pada tahun 1992 setelah tumbangnya Uni Soviet. [uh/ab]

Simak video di YouTube berikut ini.

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG