Tautan-tautan Akses

Video Pemberontak Suriah Tampilkan Mayat 20 Tentara


Tentara Pembebasan Suriah mencari target dalam bangunan yang dibom di distrik Saif Al Dula, Aleppo. (Foto: AP)

Tentara Pembebasan Suriah mencari target dalam bangunan yang dibom di distrik Saif Al Dula, Aleppo. (Foto: AP)

Pemberontak di Suriah mengunggah video di Internet yang menunjukkan mayat tentara yang mereka bunuh di kota Aleppo.

Pemberontak Suriah memasang sebuah video di Internet yang tampaknya menunjukkan mayat 20 tentara yang mereka bunuh di kota Aleppo.

Dalam video yang diunggah Senin (10/9) mayat-mayat berpakaian seragam militer terlihat berjejer diatas trotoar dengan kepala berdarah. Mata mereka dipasangi penutup dan tangan diborgol. Pemberontak juga terdengar menyebut mayat-mayat itu sebagai “anjing”. Kelompok hak asasi manusia Syrian Observatrory for Human Rights di Inggris mengatakan insiden itu terjadi dalam beberapa hari ini.

Para pejabat PBB menuduh baik pemerintah maupun pemberontak Suriah melakukan kejahatan kejam dalam perang saudara di negara itu. Berbicara di Jenewa Senin, Komisaris Tinggi PBB Urusan HAM Navi Pillay mendesak Dewan Keamanan PBB agar mengajukan Suriah ke Mahkamah Kejahatan Internasional guna memastikan semua pelanggar HAM dihukum.

Juga di Jenewa, Sekretaris Jendral PBB Ban Ki-moon mengecam Dewan Keamanan karena gagal menyatukan pendapat untuk mengakhiri krisis Suriah. Ia mengatakan “sangat prihatin dengan pembombardiran dari udara terhadap warga sipil oleh pasukan pemerintah” di Suriah. Ia juga khawatir mengenai meningkatnya ketegangan sektarian dan memburuknya kondisi kemanusiaan.

Ban mendesak negara-negara dan rakyat Suriah agar mendukung upaya diplomatik utusan baru PBB-Liga Arab untuk krisis Suriah, Lakhdar Brahimi. Brahimi bertemu para pejabat Mesir dan Liga Arab di Kairo Senin.
XS
SM
MD
LG