Tautan-tautan Akses

Video NASA Ungkap Hasil Penelitian Cassini di Cincin Saturnus


ARSIP – Misi wahana Cassini yang telah berlangsung selama 20 tahun akan segera berakhir saat wahana tersebut menukik dengan spektakuler menuju atmosfir hidrogen planet Saturnus.

Wahana peneliti Cassini berhasil merekam video yang menakjubkan saat wahana tersebut memulai gerakan menukik awalnya dalam “perjalanan akhir” antara planet Saturnus dan cincin-cincinnya.

NASA telah merilis video yang menakjubkan yang diambil oleh wahana peneliti Cassini saat wahana tersebut memulai gerakan menukik awalnya dalam “perjalanan akhir” antara planet Saturnus dan cincin-cincinnya.

Citra tersebut diambil pada tanggal 26 April saat Cassini melintas ke arah selatan planet Saturnus. Wahana tersebut merekam pusaran di kutub utara planet tersebut dan melanjutkannya dengan merekam hembusan angin kuat berbentuk heksagonal.

“Saya terkejut ketika melihat ada begitu banyak sisi-sisi tajam di sepanjang batas luar bentuk heksagonal dan mata pusaran kutub,” ujar Kunio Sayanagi, seorang rekan di tim perekam citra wahana Cassini yang berpusat di Hampton University di Virginia, yang membantu memproduksi film yang baru. “Pasti ada yang mencegah garis lintang yang berbeda untuk bercampur agar sisi-sisi tersebut tetap terbentuk,” ujarnya.

Saat menukik, wahana Cassini mengalami penurunan ketinggian dari 72.400 kilometer ke 6.700 kilometer di atas awan.

Wahana peneliti Cassini diluncurkan tahun 1997 dan tiba di Saturnus tahun 2004. Beberapa misi utamanya termasuk kemungkinan ditemukannya sebuah samudra dan aktivitas hidrotermal di bulan Enceladus selain juga lautan metan cair di Titan, bulan Saturnus lainnya yang diselimuti es.

Misinya dijadwalkan akan berakhir bulan September saat wahana tersebut menukik menuju atmosfir planet Saturnus dimana wahana tersebut akan terbakar habis. [ww]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG