Tautan-tautan Akses

Video Jenderal Tiongkok Ungkap Kasus Mata-Mata Beredar di YouTube


Parade militer pasukan Tiongkok di Beijing (foto: dok.). Kasus mata-mata memalukan bagi Beijing yang dibahas Jenderal Tiongkok justru beredar luas di internet.

Parade militer pasukan Tiongkok di Beijing (foto: dok.). Kasus mata-mata memalukan bagi Beijing yang dibahas Jenderal Tiongkok justru beredar luas di internet.

Pertemuan rahasia Mayor Jendral Jin Yinan beredar melalui internet. Dalam video klip tersebut, Jendral ini memaparkan beberapa kasus mata-mata tingkat tinggi yang memalukan Tiongkok.

Seorang jenderal Tiongkok mengatakan negaranya gagal menghukum beberapa mata-mata tingkat tinggi dalam satu dasawarsa terakhir karena kasus mereka terlalu memalukan untuk dibuka ke publik. Hal ini dapat terlihat dalam sejumlah video klip yang beredar di melalui internet.

Terlihat dalam video klip tersebut, Mayor Jenderal Jin Yinan sedang mendiskusikan kasus-kasus dalam pertemuan yang tampaknya rapat pribadi bagi pejabat pemerintah. Namun kerahasiaan itu menjadi hilang karena terpasangnya sejumlah klip dari pertemuan itu di situs-situs video online. Klip-klip itu dicabut dari situs-situs di Tiongkok tetapi tetap ada di situs global seperti YouTube.

Pada salah satu klip, Jin membicarakan kasus mantan duta besar bagi Korea Selatan Li Bin. Jin mengatakan duta besar itu membocorkan rahasia kepada pejabat-pejabat Korea Selatan tetapi dugaan itu terlalu memalukan untuk dibuka di pengadilan. Mantan dubes itu dihukum tujuh tahun penjara untuk tuduhan korupsi.

Jin juga mengatakan Kang Rixin, mantan kepala program nuklir Tiongkok, terlibat penjualan dokumen rahasia mengenai industri nuklir negara itu ke negara-negara lain. Kang dipenjara tahun lalu atas tuduhan korupsi.

XS
SM
MD
LG