Tautan-tautan Akses

Dalai Lama akan Tampil Lewat Video pada Perayaan HUT Tutu di Afsel


Dalai Lama (kiri) bersama Uskup Desmond Tutu dalam sebuah acara di Amerika (foto: dok). Tutu marah karena permohonan visa Dalai Lama ditolak pemerintah Afsel.

Dalai Lama (kiri) bersama Uskup Desmond Tutu dalam sebuah acara di Amerika (foto: dok). Tutu marah karena permohonan visa Dalai Lama ditolak pemerintah Afsel.

Setelah permohonan visanya ditolak, Dalai Lama akan hadir lewat video-konferensi pada perayaan HUT ke-80 Uskup Agung Desmond Tutu di Afrika Selatan.

Dalai Lama akan hadir lewat video-konferensi pada perayaan menandai hari jadi Uskup Agung Desmond Tutu yang ke-80, setelah visanya untuk masuk ke Afrika Selatan ditolak. Pemimpin Tibet di pengasingan itu akan mengikuti keramaian tersebut hari Sabtu, lewat jaringan video dari Dharamsala – India.

Seorang pejabat pemerintah Afrika Selatan menolak permohonan Uskup Agung Desmond Tutu pada saat-saat terakhir, untuk menjamin visa perjalanan bagi Dalai Lama – yang dijadwalkan mengunjungi negara itu untuk menghadiri ulang tahun Desmond Tutu pekan ini. Dalai Lama membatalkan lawatannya hari Selasa, dengan mengatakan ia tidak menerima visa pada waktunya.

Masalah visa ini telah menimbulkan kemarahan di Afrika Selatan, di mana ratusan pengunjukrasa melakukan demonstrasi hari Rabu di Universitas Witwatersrand di Johannesburg, untuk memprotes reaksi pemerintah atas masalah ini.

Banyak orang percaya Afrika Selatan mendapat tekanan Tiongkok – mitra dagang utamanya – untuk memblokir kunjungan Dalai Lama. Tiongkok secara berkala memperingatkan para pemimpin asing untuk tidak menerima pemimpin Tibet di pengungsian itu, yang dianggap Tiongkok sebagai separatis.

Pusat Perdamaian Desmond Tutu mengatakan sebuah kursi kosong akan ditempatkan di atas panggung, untuk menampilkan tindakan pemerintah yang membuat Dalai Lama tidak hadir.

XS
SM
MD
LG