Tautan-tautan Akses

Video Baru Perlihatkan Pembom Brussels yang Dicurigai


Pria bertopi (kanan), tersangka ketiga pemboman bandara di Brussels yang masih buron (foto: dok).

Pria bertopi (kanan), tersangka ketiga pemboman bandara di Brussels yang masih buron (foto: dok).

Polisi Belgia hari Kamis (7/4) merilis video baru dari buronan "pria bertopi", tersangka ketiga pemboman di bandara Brussels.

Polisi Belgia telah merilis video baru dari buronan tersangka pemboman bandara Brussels, meskipun pengacara hukum untuk serangan teroris di Paris mengatakan, ekstradisi membutuhkan waktu beberapa minggu lagi.

Video polisi yang dirilis Kamis (7/4) dalam bahasa Perancis dan Vlaams itu memperlihatkan, beberapa menit setelah pemboman 22 Maret di bandara Zaventem itu, tampak jelas tersangka ketiga masih hidup". Pria dengan topi sering dijuluki media sebagai “pria bertopi”.

Media setempat sebelumnya merilis video dari kamera keamanan yang memperlihatkan laki-laki itu di bandara Zaventem sesaat sebelum pengeboman, mengenakan topi dan jaket tipis dan berjalan bersama dua pelaku bom bunuh diri, Ibrahim el-Bakrawi dan Najim Laachrawi. Ketiga laki-laki itu terlihat mendorong kereta dengan bagasi mereka.

Dengan komentar dalam Bahasa Perancis dan Vlaams, rekaman polisi itu menunjukkan orang ketiga meninggalkan bandara setelah bom pertama meledak pukul 7:58. Pertama ia berjalan, lalu berlari-lari kecil. Wajahnya tidak terlihat jelas dalam video yang baru itu.

Menurut pihak berwenang Belgia, pria itu berjalan lebih dari 10 kilometer pada jam-jam sesudahnya, melintasi kota Zaventem dan video akhirnya menunjukkan ia berada di daerah Schaerbeek, Brussels, sebelum menghilang di persimpangan jalan pada pukul 9:50 waktu setempat.

Polisi mengatakan ia melepaskan jaketnya di sepanjang jalan, dan rekaman berikutnya menunjukkan dia tanpa jaket. . Dia terlihat mengenakan kemeja biru muda, celana gelap dan sepatu cokelat dengan sol putih lebar.

Polisi Belgia telah mencantumkan nomor telepon lokal dan internasional agar orang-orang menelepon jika mereka memiliki informasi tentang orang atau jaket seperti yang terlihat di video.

Serangan di bandara Brussels berserta pembom bunuh diri di stasiun metro Maelbeek di ibukota Belgia yang terjadi sekitar satu jam kemudian, menewaskan 32 orang dan melukai lebih dari 340 lainnya. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG