Tautan-tautan Akses

Veteran AS Didakwa Hendak Gabung ISIS


Seorang veteran Angkatan Udara AS didakwa berusaha memasok barang bagi kelompok militan ISIS (foto: ilustrasi).

Seorang veteran Angkatan Udara AS didakwa berusaha memasok barang bagi kelompok militan ISIS (foto: ilustrasi).

Departemen Kehakiman AS mendakwa seorang veteran Angkatan Udara dengan dakwaan berusaha memasok barang bagi kelompok militan ISIS.

Seorang veteran Angkatan Udara Amerika telah didakwa berusaha memasok barang bagi kelompok militan ISIS, menurut pernyataan Departemen Kehakiman Amerika.

Pernyataan hari Selasa (17/3) itu menyebutkan Tairod Nathan Webster Pugh juga dituntut menghalangi proses penegakan hukum.

Pernyataan itu mengutip jaksa federal Loretta Lynch yang mengatakan “lahir dan dibesarkan di Amerika, Pugh diduga mengkhianati negaranya dan berusaha pergi ke Suriah untuk bergabung dengan organisasi teroris.”

Pugh diduga hendak bergabung dengan ISIS awal tahun ini, tidak lama setelah dipecat sebagai teknisi pesawat di Timur Tengah. Ia pernah masuk dalam Angkatan Udara Amerika sebagai spesialis peralatan elektronik pesawat, dan lalu bekerja untuk perusahaan swasta.

Jika dinyatakan bersalah, Pugh terancam hukuman penjara maksimal 35 tahun.

Pugh dikatakan berangkat dari Mesir menuju Turki agar bisa masuk ke Suriah, tetapi dipulangkan oleh pihak berwenang Turki kembali ke Mesir. Disana, ia lalu dideportasi ke Amerika karena membawa sejumlah peralatan elektronik termasuk sebuah ponsel berisi foto senjata mesin.

Pernyataan itu mengatakan pihak berwenang memeriksa laptop Pugh dan menemukan ia mencari banyak informasi tentang ISIS lewat Internet, serta memiliki video-video termasuk video ISIS memenggal tahanan.

XS
SM
MD
LG