Tautan-tautan Akses

Vatikan Terima Pengunduran Uskup Australia Menyusul Skandal


Para demonstran, di antaranya korban pelecehan seksual, melakukan protes atas cara Vatikan menangani skandal ini (foto: dok.)

Para demonstran, di antaranya korban pelecehan seksual, melakukan protes atas cara Vatikan menangani skandal ini (foto: dok.)

Uskup di New South Wales sejak 1995 itu meninggalkan posnya empat tahun lebih awal setelah mencuatnya skandal pelecehan seksual.

Paus Benediktus telah menerima pengunduran diri Uskup Australia Michael Malone, menyusul skandal pelecehan seksual di keuskupannya. Hal ini kata Uskup itu, telah menyebabkan dirinya letih secara emosionil dan juga sangat kecewa.

Malone telah menjadi kepala dari keuskupan Maitland Newcastle di New South Wales sejak 1995. Ia meninggalkan posnya empat tahun lebih awal dari rencana semula setelah mengumumkan masalah keletihan dirinya akibat sejumlah tuduhan dari umat yang menuduh para imam melakukan pelecehan seksual.

Kebanyakan kasus ini berasal dari sebelum ia ditunjuk menjadi pemimpin keuskupan 16 tahun yang lalu.

Tahun lalu, uskup berusia 71 tahun itu mengeluarkan permintaan maaf atas krisis pelecehana, katanya temuan dari penyelidikan publik pada pertengahan 1990 terhadap skandal ini “sangat kuat dan merugikan.” Ia juga mengatakan ia menyesali bahwa publik harus ikut “memikul beban malu” akibat skandal ini.


XS
SM
MD
LG