Tautan-tautan Akses

Vatikan and Malaysia Jalin Hubungan Diplomatik


Paus Benediktus XVI menerima kunjungan PM Malaysia Najib Razak di kediaman Paus di Castelgandolfo, Roma selatan (18/7).

Paus Benediktus XVI menerima kunjungan PM Malaysia Najib Razak di kediaman Paus di Castelgandolfo, Roma selatan (18/7).

Vatikan mengumumkan hal itu hari Senin setelah Paus Benediktus XVI bertemu dengan PM Malaysia Najib Razak di Roma selatan.

Vatikan dan negara yang mayoritas penduduknya Muslim, Malaysia, telah menjalin hubungan diplomatik.

Vatikan mengumumkan hal itu Senin setelah Paus Benediktus XVI bertemu dengan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak di kediaman Paus di Roma selatan.

Ketegangan antar agama meningkat di Malaysia dalam beberapa tahun terakhir, di mana kelompok-kelompok agama minoritas mengeluhkan adanya diskriminasi oleh mayoritas Muslim di negara itu.

Sebuah suratkabar Katolik Roma di Malaysia terlibat dalam sengketa hukum setelah menentang larangan pemerintah yang mengharuskan mereka yang bukan muslim tidak menggunakan kata “Allah” untuk menggambarkan Tuhan. Sebuah pengadilan memberi warga non-Muslim hak untuk menggunakan kata itu pada 2009, namun kemarahan di kalangan sejumlah Muslim memicu serangkaian serangan terhadap gereja-gereja.

Warga Kristen di Malaysia hanyalah sembilan persen dari total 28 juta penduduk Malaysia. Agama-agama minoritas lain di Malaysia adalah Budha dan Hindu.

Malaysia adalah salah satu dari sejumlah kecil negara di dunia yang sebelumnya tidak memiliki hubungan diplomatik resmi dengan Vatikan.

XS
SM
MD
LG