Tautan-tautan Akses

Vatikan akan Pamerkan 100 Dokumen Rahasia


Vatikan akan mengadakan pameran 100 dokumen rahasia untuk memperingati 400 tahun didirikannya arsip rahasia Vatikan.

Vatikan akan mengadakan pameran 100 dokumen rahasia untuk memperingati 400 tahun didirikannya arsip rahasia Vatikan.

Arsip rahasia itu mencakup surat-surat dari peradilan Galileo, yang dihukum gereja karena pandangannya bahwa matahari mengitari Bumi.

Vatikan telah mengumumkan bahwa 100 dokumen yang sudah dipilih dari arsip rahasianya akan dipamerkan kepada umum untuk pertama kalinya di Roma bulan Februari tahun depan.

Pameran itu akan memperingati ulang-tahun ke-400 didirikannya arsip rahasia Vatikan.

Artefak-artefak yang tak ternilai itu mencakup surat-surat dari peradilan ilmuwan Italia Galileo, yang dikenakan tuduhan menentang ajaran gereja abad ke-17 bahwa matahari mengitari Bumi.

Dokumen lain mencakup sepucuk surat dari parlemen Inggris yang meminta Paus Clement membatalkan pernikahan Raja Henry ke-VIII dengan Catherine dari Aragon – peristiwa yang mengakibatkan Inggris memisahkan diri dari Gereja Katholik Roma.

Sejumlah dokumen yang belum pernah kelihatan dari Paus Pius ke-XII juga akan dipamerkan.

Banyak orang Yahudi menuduh Pius tidak berbuat cukup untuk menghentikan pembantaian Yahudi oleh Nazi pada masa Perang Dunia ke-II. Vatikan telah menolak memamerkan surat-surat tersebut, dengan mengatakan bahwa diplomasi diam-diam Pius turut menyelamatkan banyak jiwa.

Tidak jelas apakah ada dari dokumen yang akan dipamerkan itu berhubungan dengan kagiatannya pada masa Perang Dunia Kedua.

XS
SM
MD
LG