Tautan-tautan Akses

Vatikan akan Gelar Rapat Lebih Awal untuk Pilih Paus Baru


Rapat pemilihan Paus baru oleh para Kardinal untuk menggantikan Paus Benediktus XVI akan dilakukan lebih awal.

Rapat pemilihan Paus baru oleh para Kardinal untuk menggantikan Paus Benediktus XVI akan dilakukan lebih awal.

Vatikan hari Sabtu mengatakan sedang mempertimbangkan akan mengadakan rapat khusus untuk memilih Paus baru lebih cepat dari jadwal.

Berdasarkan peraturan yang ada sekarang, para kardinal yang memilih Paus akan bertemu tanggal 15 Maret - 15 hari setelah Paus Benediktus secara resmi mundur.

Tetapi juru bicara Vatikan mengatakan karena para kardinal tahu pasti tanggal pengunduran diri Benediktus, mereka bisa merencanakan tiba di Roma lebih cepat. Menurut pejabat gereja, mereka harus punya Paus baru untuk Pekan Suci, yang dimulai 24 Maret untuk Minggu Palem dan puncaknya tanggal 31 Maret dengan perayaan Paskah.

Paus Benediktus mengumumkan pekan lalu ia mengundurkan diri karena alasan kesehatan. Ia Paus pertama yang mengundurkan diri dalam 600 tahun. Dalam artikel di majalah Jerman Focus, hari Sabtu wartawan Peter Seewald mengatakan Benediktus tahun lalu mengisyaratkan masa jabatannya sebagai Paus mungkin akan berakhir.

Seewald, yang mewawancarai Benediktus Agustus lalu, mengutip Paus yang mengatakan, "Saya sudah tua dan kehabisan tenaga." Benediktus, kata Seewald, juga mengatakan "Menurut saya, apa yang saya lakukan sudah cukup."

Paus Benediktus berusia 85 tahun. Ia terpilih menjadi Paus tahun 2005 untuk menggantikan almarhum Paus Paulus II. Benediktus juga berkomentar dalam majalah Fokus mengenai skandal yang menyangkut kepala pelayannya yang dipenjara karena mencuri dokumen rahasia Vatikan. Ia menyebut kejahatan itu "tidak bisa dimengerti."

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG