Tautan-tautan Akses

Utusan Tertinggi AS Kunjungi Somalia


Asisten Menteri Luar Negeri AS urusan Afrika Johnnie Carson mengunjungi Somalia hari Minggu (10/6).

Asisten Menteri Luar Negeri AS urusan Afrika Johnnie Carson mengunjungi Somalia hari Minggu (10/6).

Utusan tertinggi Amerika telah berkunjung untuk pertama kalinya ke Somalia sejak tahun 1990-an.

Kunjungan ke ibukota Somalia, Mogadishu itu dilakukan oleh Asisten Menteri Luar Negeri AS urusan Afrika Johnnie Carson hari Minggu. Ia bertemu dengan Presiden Somalia, Sheikh Sharif Sheikh Ahmed dan Perdana Menteri Abdiweli Mohammed Ali.

Kata Presiden Ahmed kunjungan tingkat tinggi itu menunjukkan bahwa keamanan di Somalia telah membaik dan hubungan dengan Amerika juga semakin kuat.

Kunjungan satu hari itu diadakan empat hari setelah Amerika menawarkan hadiah 33 juta dollar bagi barangsiapa yang bisa menunjukkan di mana tujuh orang pemimpin kelompok al-Shabab berada.

Departemen Ln Amerika mengatakan, al-shabab bertanggung-jawab atas tewasnya ribuan warga sipil Somalia, aktivis perdamaian, pekerja bantuan internasional, pasukan penjaga keamanan uni Afrika dan wartawan.

Kegiatan al-Shabab merupakan ancaman bagi stabilitas di Afrika timur dan ancaman bagi kepentingan nasional Amerika.

Al-Shabab pernah menguasai sebagian besar Somalia termasuk ibukota Mogadishu, tapi dalam 19 bulan terakhir telah kehilangan sebagian besar kawasan yang mereka kuasai karena adanya ofensif yang dilancarkan pasukan Uni Afrika, pemerintah Somalia, Ethiopia dan Kenya.
XS
SM
MD
LG