Tautan-tautan Akses

Utusan Taliban-Afghanistan di Pakistan untuk Pembicaraan


Seorang perwakilan Taliban-Afghanistan memberikan konferensi pers di Doha, Qatar (foto: dok). Delegasi Taliban Afghanistan berkunjung ke Pakistan dari Qatar.

Seorang perwakilan Taliban-Afghanistan memberikan konferensi pers di Doha, Qatar (foto: dok). Delegasi Taliban Afghanistan berkunjung ke Pakistan dari Qatar.

Delegasi Taliban Afghanistan berada di Pakistan untuk berbicara dengan para pejabat negara itu mengenai berbagai masalah.

Delegasi Taliban Afghanistan datang ke Pakistan dari Qatar untuk berbicara dengan pejabat-pejabat mengenai berbagai masalah, termasuk penangkapan sejumlah pimpinan pemberontak, penutupan sejumlah madrasah bagi pengungsi Afghanistan dan bertambahnya masalah yang dihadapi masyarakat pengungsi di negara tetangga Afghanistan itu.

Kepada VOA, seorang pejabat tinggi Taliban, yang namanya tidak mau disebut, mengatakan delegasi tiga orang itu dikirim ke Islamabad, dari markas besar politiknya di Doha, ibukota Qatar, untuk menyampaikan keprihatinan dan mencari informasi tentang penyebab penangkapan anggota Taliban.

Juru bicara utama Taliban, Zabihullah Mujahid, mengukuhkan kepada VOA kedatangan delegasi Taliban itu ke Pakistan. Ia mengatakan Taliban secara rutin berkomunikasi dengan negara-negara yang mempunyai hubungan diplomatik dengan Afghanistan.

Ia juga mengatakan tidak ada masalah politik atau pembicaraan mengenai prospek perundingan perdamaian dengan pemerintah Afghanistan dalam agenda. Ia menolak laporan-laporan yang mengatakan kunjungan itu untuk memberitahu pemerintah Pakistan mengenai berbagai pertemuan rahasia baru-baru ini antara pejabat-pejabat Taliban dan Afghanistan di Doha.

Pejabat-pejabat Pakistan belum mengomentari kunjungan itu. [ka]

XS
SM
MD
LG