Tautan-tautan Akses

Utusan PBB: Perundingan Suriah Belum Pasti


Lakhdar Brahimi mengatakan tidak akan ada perundingan Suriah tanpa kehadiran wakil oposisi yang kredibel (foto: dok).

Lakhdar Brahimi mengatakan tidak akan ada perundingan Suriah tanpa kehadiran wakil oposisi yang kredibel (foto: dok).

Utusan Khusus Liga Arab-PBB Lakhdar Brahimi tidak banyak berkomentar tentang konferensi perdamaian Suriah yang sudah lama tertunda.

Ledakan bom truk di pusat kota Hama – Suriah hari Minggu menewaskan lebih dari 30 orang, sementara Utusan Khusus Liga Arab-PBB Lakhdar Brahimi tidak banyak berkomentar tentang konferensi perdamaian Suriah yang lama tertunda dan akan dilangsungkan di Jenewa bulan depan.

Ketua Liga Arab Nabil el-Araby mengumumkan konferensi internasional untuk mengakhiri perang saudara di Suriah itu akan diselenggarakan tanggal 23 November.

Tetapi dalam konferensi pers yang sama di Kairo, Lakhdar Brahimi mengatakan kepada para wartawan, tidak akan ada perundingan tanpa kehadiran wakil kelompok oposisi yang kredibel. Ia menolak menyebutkan tanggal pelaksanaan konferensi itu sampai ia menyelesaikan tur-nya ke Qatar, Turki, Iran dan Suriah.

Tetapi para pejabat mengakui masih ada beberapa hambatan untuk menyelenggarakan konferensi itu, sementara para diplomat Arab dan Barat bersiap mengadakan pertemuan dengan pemimpin-pemimpin kelompok oposisi Suriah hari Selasa untuk membujuk mereka agar menghadiri konferensi itu.

Pemimpin-pemimpin kelompok oposisi mengancam akan memboikot konfrensi itu kecuali Presiden Suriah Bashar Al Assad setuju untuk mengundurkan diri. Assad berkeras akan tetap berkuasa hingga masa jabatannya berakhir tahun 2014, dan mungkin akan berupaya agar bisa terpilih kembali.
XS
SM
MD
LG