Tautan-tautan Akses

Utusan PBB: Pemilihan Presiden Suriah Bahayakan Pembicaraan dengan Oposisi


Utusan PBB-Liga Arab Lakhdar Brahimi berbicara pada media setelah pertemuan dengan Dewan Keamanan PBB di New York (13/3). (Reuters/Mike Segar)

Utusan PBB-Liga Arab Lakhdar Brahimi berbicara pada media setelah pertemuan dengan Dewan Keamanan PBB di New York (13/3). (Reuters/Mike Segar)

Para diplomat Barat mengatakan pemilihan itu kemungkinan akan dicurangi untuk memastikan tujuh tahun lagi masa jabatan bagi Presiden Bashar al-Assad.

Utusan bersama PBB-Liga Arab untuk Suriah, Lakhdar Brahimi, mengatakan jika pemerintah Suriah melaksanakan pemilihan presiden dalam bulan-bulan mendatang, hal itu dapat membahayakan pembicaraan perdamaian dengan oposisi.

Brahimi mengatakan kepada wartawan setelah memberi keterangan kepada Dewan Keamanan, Kamis (13/3), bahwa oposisi kemungkinan tidak akan berminat berbicara dengan pemerintah.

Pemerintah di Damaskus belum dengan resmi mengumumkan pemilihan presiden, tetapi ada kegiatan yang memberi indikasi pemilihan itu akan diadakan. Pemilihan presiden akan harus diadakan sebelum Juli.

Para diplomat Barat mengatakan pemilihan itu kemungkinan akan dicurangi untuk memastikan tujuh tahun lagi masa jabatan bagi Presiden Bashar al-Assad. Mereka mengatakan oposisi tidak akan mempunyai stimulan untuk kembali ke pembicaraan.

Dua babak pembicaraan sejauh ini tidak mencapai kemajuan dalam mengakhiri perang saudara Suriah, yang sekarang telah memasuki tahun keempat.
XS
SM
MD
LG