Tautan-tautan Akses

Utusan PBB-Liga Arab Bertemu Presiden Suriah


Presiden Suriah Bashar al-Assad (tengah kanan) menerima utusan perdamaian internasional Lakhdar Brahimi di Damaskus hari Sabtu (15/9).

Presiden Suriah Bashar al-Assad (tengah kanan) menerima utusan perdamaian internasional Lakhdar Brahimi di Damaskus hari Sabtu (15/9).

Utusan perdamaian internasional Lakhdar Brahimi menilai konflik di Suriah semakin memburuk, mengancam keseluruhan kawasan tersebut dan dunia.

Komentar itu disampaikan oleh Utusan perdamaian internasional Lakhdar Brahimi
hari Sabtu di ibukota Suriah, Damaskus, setelah ia bertemu Presiden Suriah Bashar al-Assad. Itu pertemuan pertama Brahimi sejak mengambil alih tugas sebagai utusan perdamaian dua pekan lalu.

Kepada wartawan, Brahimi mengatakan, usaha-usaha besar akan dilakukan guna mencapai kemajuan dan membantu rakyat Suriah mengakhiri krisis, yang terjadi 18 bulan lalu. Setelah tiba di Suriah hari Kamis, ia menggambarkan upaya-upaya itu “hampir mustahil.”

Brahimi menggantikan mantan Sekjen PBB Kofi Annan dua minggu lalu sebagai utusan perdamaian internasional untuk Suriah.

Hari Jumat, jurubicara PBB mengatakan Brahimi bertemu beberapa pejabat Suriah, staf PBB, petugas Palang Merah serta Dutabesar Rusia dan Tiongkok. Brahimi juga dijadwalkan bertemu kelompok oposisi Suriah dan delegasi Uni Eropa.

Sebelumnya, Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan mengecam Tiongkok dan Rusia dalam konferensi internasional di Yalta, Ukraina. Ia menilai kedua negara itu harus terus menekan Suriah mengadakan perundingan yang bermakna.
XS
SM
MD
LG