Tautan-tautan Akses

Utusan PBB: Belum Ada Solusi untuk Selamatkan Suriah


Utusan PBB dan Liga Arab Lakhdar Brahimi mengakui bahwa ia belum menemukan solusi bagi penghentian konflik di Suriah (foto: dok).

Utusan PBB dan Liga Arab Lakhdar Brahimi mengakui bahwa ia belum menemukan solusi bagi penghentian konflik di Suriah (foto: dok).

Utusan PBB Lakhdar Brahimi memberi gambaran buruk mengenai kondisi di Suriah saat memberikan laporan kepada Dewan Keamanan PBB hari Senin (24/9).

Utusan PBB dan Liga Arab untuk Suriah memberi gambaran buruk mengenai kondisi di dalam negara yang dilanda perang itu, dan tidak menawarkan banyak solusi atas krisis tersebut.

Lakhdar Brahimi hari Senin memberi laporan itu kepada Dewan Keamanan PBB, dan kemudian mengatakan kepada wartawan bahwa “tidak ada pihak yang berbeda pendapat bahwa situasi di Suriah sangat buruk dan semakin parah.”

Brahimi juga mengulangi komentar sebelumnya bahwa konflik itu adalah ancaman bagi kawasan di sana dan dunia. Ia menambahkan, meski ia punya beberapa gagasan mengenai cara meredakan krisis, tetapi ia belum merumuskan sebuah proposal yang akan menghasilkan sebuah solusi.

Brahimi mengunjungi Suriah, serta kamp-kamp pengungsi di Turki dan Yordania awal bulan ini, dan mengadakan pertemuan dengan Presiden Suriah Bashar al-Assad dan wakil-wakil oposisi.

Kantor berita AP melaporkan Brahimi, dalam pertemuan tertutup dengan Dewan Keamanan, mengatakan bahwa Presiden Assad tidak punya niat melakukan reformasi yang dapat membantu meredakan krisis.
XS
SM
MD
LG