Tautan-tautan Akses

Utusan PBB Akan Berpidato di KTT Liga Arab


Utusan PBB-Liga Arab untuk Suriah, Lakhdar Brahimi di Markas Besar PBB di New York (13/3). (Reuters/Mike Segar)

Utusan PBB-Liga Arab untuk Suriah, Lakhdar Brahimi di Markas Besar PBB di New York (13/3). (Reuters/Mike Segar)

Pertemuan itu diadakan sehari setelah ia mengatakan pembicaraan perdamaian yang dimaksudkan untuk mencari pengakhiran lebih dari tiga tahun pertempuran di Suriah.

Utusan PBB-Liga Arab untuk Suriah, Lakhdar Brahimi, akan berpidato di hadapan para pemimpin Arab, Selasa (25/3), ketika mereka menghadiri pertemuan puncak Liga Arab di Kuwait.

Pertemuan itu diadakan sehari setelah ia mengatakan pembicaraan perdamaian yang dimaksudkan untuk mencari pengakhiran lebih dari tiga tahun pertempuran di Suriah, tidak akan dilanjutkan dalam waktu dekat. Brahimi mengatakan Senin, persyaratan untuk babak baru pembicaraan belum dipenuhi.

Pemerintah Suriah dan oposisi terhadap Presiden Bashar al-Assad telah mengadakan dua babak perundingan yang berakhir Januari, tetapi hampir tidak mencapai kemajuan.

Brahimi mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB bahwa rencana Suriah untuk mengadakan pemilu Juli kemungkinan akan membuat oposisi tidak berminat pada pembicaraan dengan pemerintah.

Kuwait mengatakan para pemimpin dalam pertemuan puncak Selasa akan menyerukan lagi pengakhiran pertempuran yang telah menewaskan lebih dari 140 ribu orang sejak Maret 2011. Mereka juga berencana untuk memberi bantuan lagi bagi para tetangga Suriah yang telah menampung jutaan pengungsi Suriah.
XS
SM
MD
LG