Tautan-tautan Akses

Utusan Khusus PBB Minta Rakyat Afghanistan Gunakan Hak Pilih


Utusan khusus Sekjen PBB untuk Afghanistan, Ján Kubiš (Foto: dok).

Utusan khusus Sekjen PBB untuk Afghanistan, Ján Kubiš (Foto: dok).

Jan Kubis mengatakan kemungkinan akan ada kesulitan dan masalah keamanan, tetapi Afghanistan jauh lebih siap untuk pemilihan Sabtu (5/4) ini dibandingkan pada tahun 2009.

Utusan khusus Sekjen PBB untuk Afghanistan mengatakan kepada rakyat pemilih mereka memiliki hak untuk menentukan masa depan mereka sendiri dalam pemilihan presiden pekan ini.

Taliban telah bertekad untuk menggunakan kekerasan guna menghentikan pemilihan nasional dan daerah itu. Taliban memperingatkan rakyat agar tinggal di rumah.

Jan Kubis mengatakan warga Afghanistan hendaknya jangan membiarkan siapapun mengingkari mereka kesempatan dan hak mereka memberi suara.

Kubis mengatakan kemungkinan akan ada kesulitan dan masalah keamanan, tetapi Afghanistan jauh lebih siap untuk pemilihan Sabtu (5/4) ini daripada pada 2009. Ia mengatakan ada harapan rakyat Afghanistan akan mencapai keberhasilan besar.

Taliban mengaku bertanggung jawab atas kekerasan yang berhubungan dengan pemilihan umum, termasuk pemboman bunuh diri Selasa di luar Kementerian Dalam Negeri Afghanistan, yang menewaskan paling sedikit enam polisi.
XS
SM
MD
LG