Tautan-tautan Akses

Utusan Khusus PBB untuk Suriah Akhiri Lawatan ke Iran


Utusan Khusus PBB untuk Suriah Staffan de Mistura (tengah) saat tiba untuk pertemuan dengan Menlu Iran Mohammad Javad Zarif, di Teheran (10/1).

Utusan Khusus PBB untuk Suriah Staffan de Mistura (tengah) saat tiba untuk pertemuan dengan Menlu Iran Mohammad Javad Zarif, di Teheran (10/1).

Utusan Khusus PBB untuk Suriah Staffan de Mistura mengakhiri lawatannya ke Iran hari Minggu (10/1).

Utusan Khusus PBB untuk Suriah Staffan de Mistura hari Minggu (10/1) telah mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif di Teheran, dan menggambarkan pertemuan itu sebagai hal yang ‘’bermanfaat’’ menjelang perundingan perdamaian akhir bulan nanti.

Dalam pernyataan tertulisnya De Mistura mengatakan, "Sebagaimana yang telah dilakukannya ketika melawat ke Arab Saudi tanggal 5 Januari lalu, Menteri Zarif meminta dan mendapatkan kepastian dari mitra-mitranya bahwa ketegangan di kawasan saat ini tidak akan menimbulkan dampak terhadap keterlibatan pemerintah mereka dalam mendukung proses di Wina dan memfasiliasi perundingan di Jenewa."

Pekan lalu De Mistura bertemu dengan pejabat-pejabat kelompok oposisi Suriah yang mendukung Presiden Bashar Al Assad, di Arab Saudi. Dilanjutkan pada hari Sabtu (9/1) dengan bertemu beberapa pejabat Suriah di Damaskus, yang mengumumkan kesiapan mereka untuk menghadiri perundingan tetapi ingin memastikan bahwa tidak ada ‘’kelompok-kelompok teroris’’ yang hadir.

De Mistura hari Minggu mengatakan Iran telah memastikan kepadanya bahwa ketegangan politiknya dengan Arab Saudi tidak akan menimbulkan dampak pada perundingan perdamaian Suriah. [em]

XS
SM
MD
LG