Tautan-tautan Akses

Utusan Khusus Korea Utara Lakukan Pembicaraan di Beijing


Choe Ryong Hae (kiri) utusan khusus Korea Utara melakukan pembicaraan dengan Wang Jiarui pejabat Partai Komunis China di Beijing hari Rabu (22/5).

Choe Ryong Hae (kiri) utusan khusus Korea Utara melakukan pembicaraan dengan Wang Jiarui pejabat Partai Komunis China di Beijing hari Rabu (22/5).

Choe Ryong Hae, Direktur Biro Politik Umum Tentara Korea Utara melakukan pembicaraan dengan pejabat China di Beijing hari Rabu (22/5).

Seorang pejabat tinggi militer Korea Utara yang dikirim ke China sebagai utusan khusus, telah bertemu dengan seorang pejabat tinggi China, pada saat hubungan kedua sekutu tradisional ini tegang.

Choe Ryong Hae – Direktur Jendral Biro Politik Tentara Korea Utara hari Rabu melangsungkan pembicaraan di Beijing bersama Wang Jiarui – Kepala Departemen Internasional Partai Komunis China.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China – Hong Lei mengatakan kedua pejabat berencana saling tukar pandangan tentang situasi di Semenanjung Korea dan isu-isu yang menjadi keprihatinan bersama. Ia tidak merinci lebih jauh tentang pertemuan itu.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengutus Choe Ryong Hae dan sebuah delegasi pemerintah Korea Utara ke China hari Rabu. Choe Ryong Hae adalah salah satu pejabat tertinggi partai di Korea Utara yang mengunjungi China sejak Kim Jong Un berkuasa setelah kematian ayahnya pada akhir tahun 2011.

China merupakan sekutu utama sejak lama dan sekaligus sumber kehidupan ekonomi Korea Utara. Tetapi ada tanda-tanda bahwa kepemimpinan baru di China tidak sabar lagi dengan Korea Utara karena ambisi nuklirnya.

XS
SM
MD
LG