Tautan-tautan Akses

Utusan Khusus AS: Perkembangan Positif di Afghanistan dan Pakistan


Holbrooke mengatakan kepada wartawan di Washington sikap masyarakat terhadap Taliban telah bergeser di Afghanistan, dan khususnya di Pakistan.

Utusan Khusus Amerika untuk Afghanistan dan Pakistan Richard Holbrooke mengatakan ia memandang adanya perkembangan positif di kedua negara.

Holbrooke mengatakan kepada wartawan di Washington hari Selasa bahwa sikap masyarakat terhadap Taliban telah bergeser di Afghanistan, dan khususnya di Pakistan, perubahan sangat besar sehingga keprihatinan utamanya di Pakistan bukan lagi ekstrimisme melainkan masalah ekonomi dan energi.

Utusan Amerika itu mengatakan tekanan yang meningkat terhadap Taliban di kedua negara tampaknya sudah mulai membawa pengaruh yang positif di kawasan itu. Ia memberi contoh penangkapan beberapa tokoh Taliban, keberhasilan tentara Pakistan dalam memerangi militan di Waziristan Selatan dan serangan anti-Taliban yang sedang berjalan di Afghanistan Selatan.

Holbrooke baru saja kembali dari perlawatan kedua ke Asia Selatan tahun ini, dan kunjungan pertamanya ke Asia Tengah sejak Presiden Barack Obama mengangkatnya tahun lalu.

XS
SM
MD
LG