Tautan-tautan Akses

Utusan Jepang Lakukan Kunjungan Mendadak ke Pyongyang


PM Jepang Shinzo Abe (foto: dok). Abe mengirim penasihatnya, Isao Iijima, melakukan kunjungan mendadak ke Korea Utara Selasa 14/5.

PM Jepang Shinzo Abe (foto: dok). Abe mengirim penasihatnya, Isao Iijima, melakukan kunjungan mendadak ke Korea Utara Selasa 14/5.

Penasihat PM Jepang, Isao Iijima, tiba di bandara Pyongyang, Korea Utara hari Selasa (14/5), dengan didampingi satu delegasi.

Seorang penasihat Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe telah melakukan lawatan mendadak ke Korea Utara, musuh lama yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Tokyo.

Tayangan dari kantor berita pemerintah Korea Utara KCNA memperlihatkan penasihat tersebut, Isao Iijima, tiba di bandara Pyongyang hari Selasa (14/5), dengan didampingi satu delegasi.

Tujuan kunjungan Iijima, yang berlangsung setelah meningkatnya ketegangan selama berpekan-pekan di Semenanjung Korea, belum jelas benar. Kantor perdana menteri menolak mengomentari kunjungan itu.

Hubungan Jepang-Korea Utara telah lama tegang akibat perselisihan mengenai program nuklir Pyongyang dan desakan Jepang untuk mendapat informasi lebih banyak mengenai warga Jepang yang diculik Korea Utara pada tahun 1970-an dan 1980-an.

Dalam beberapa bulan belakangan, Korea Utara telah mengancam akan melancarkan perang nuklir terhadap Tokyo, suatu bagian dari respons lebih luas terhadap negara-negara yang mendukung perluasan sanksi-sanksi PBB terkait program nuklir Korea Utara.
XS
SM
MD
LG