Tautan-tautan Akses

Utusan Iran: Dua Warga AS Mungkin Akan Segera Dibebaskan


Dua warga AS yang ditahan di Iran atas tuduhan melakukan kegiatan mata-mata: Shane Bauer (kiri) dan Josh Fattal.

Dua warga AS yang ditahan di Iran atas tuduhan melakukan kegiatan mata-mata: Shane Bauer (kiri) dan Josh Fattal.

Duta Besar Iran untuk Irak mengindikasikan bulan Ramadhan bisa menjadi faktor dalam pembebasan warga AS, Shane Bauer dan Josh Fattal.

Seorang duta besar Iran mengatakan pengelana AS yang telah ditahan di negara itu selama dua tahun atas tuduhan mata-mata dapat dilepaskan "segera."

Dalam sebuah wawancara dengan Associated Press Kamis, Hassan Dannaie Fir, utusan Iran untuk Irak, mengatakan "suasana umum" menunjukkan Shane Bauer dan Josh Fattal tak lama lagi akan dibebaskan dari penjara.

Dalam wawancara, ia mengindikasikan bulan Ramadhan bisa menjadi faktor dalam pembebasan mereka, mencatat bahwa pengampunan biasanya diberikan selama bulan suci Muslim.

Kantor berita milik negara ISNA juga mengutip pengacara pengelana itu, Masoud Shafiei, yang mengatakan keduanya bisa segera dibebaskan karena Ramadhan.

Pada hari Minggu, Shafiei mengatakan ia berharap pengadilan mengumumkan vonis untuk kasus itu dalam seminggu. Dia berkomentar setelah Iran mengadakan sidang pengadilan akhir untuk kasus tersebut.

Pihak berwenang Iran menangkap Bauer, Fattal dan pengelana ketiga, Sarah Shourd, pada tahun 2009 atas tuduhan menyeberang secara ilegal ke negara itu dari Irak. Ketiganya telah membantah tuduhan Iran terhadap mereka.

September lalu, Iran membebaskan Shourd dengan jaminan sekitar setengah juta dolar dan ia kembali ke Amerika Serikat.

XS
SM
MD
LG