Tautan-tautan Akses

Utusan Internasional Brahimi Berunding dengan Menlu Suriah


Menlu Suriah Walid al-Moalem (kanan) menemui utusan internasional Lakhdar Brahimi di Damaskus, Sabtu (20/10).

Menlu Suriah Walid al-Moalem (kanan) menemui utusan internasional Lakhdar Brahimi di Damaskus, Sabtu (20/10).

Pemerintah Suriah mengatakan pembicaraan hari Sabtu antara utusan perdamaian internasional Lakhdar Brahimi dan menteri luar negeri Suriah berlangsung "serius" dan "bersifat membangun."

Kantor berita resmi Suriah, SANA, melaporkan Lakhdar Brahimi dan Menlu Suriah Walid al-Moalem membahas berbagai syarat guna menghentikan kekerasan, terkait pemberontakan anti-pemerintah, yang sudah berlangsung 19 bulan, serta mempersiapkan "dialog yang komprehensif."

Kantor berita tersebut tidak menyebut syarat-syarat itu, tetapi menegaskan tentangan pemerintah terhadap segala bentuk "campur tangan asing" dalam hal ini.

Utusan PBB Liga Arab itu juga dijadwalkan bertemu Presiden Bashar al-Assad dan pemimpin oposisi dalam kunjungannya ke Suriah. Brahimi mendorong pejabat-pejabat Suriah agar mendukung gencatan senjata selama libur empat hari Idul Adha, mulai 26 Oktober. Sekjen PBB dan sekretaris Liga Arab hari Jumat mengeluarkan pernyataan, mengimbau penghentian kekerasan selama hari raya umat Islam itu.

Sementara itu, bentrokan baru antara pasukan keamanan dan pemberontak meletus di Suriah hari Sabtu.

Kantor Berita Perancis melaporkan kerusuhan itu mencakup pertempuran di sekitar pangkalan militer dekat Maaret al-Numan, kota di Suriah utara yang dikuasai pemberontak. Syrian Observatory for Human Rights di Inggris mengatakan setidaknya 70 orang tewas dalam kerusuhan di seantero negara itu hari Sabtu.
XS
SM
MD
LG