Tautan-tautan Akses

Utusan AS Usahakan Pembebasan Warga AS di Korea Utara


Utusan Khusus AS, Robert King akan meminta Korea Utara membebaskan warga AS Kenneth Bae yang ditahan di sana (foto: dok).

Utusan Khusus AS, Robert King akan meminta Korea Utara membebaskan warga AS Kenneth Bae yang ditahan di sana (foto: dok).

Gedung Putih mengirim seorang utusan khusus ke Korea Utara guna membebaskan seorang warga negara Amerika yang sakit-sakitan di penjara negara itu.

Utusan Khusus Untuk Isu HAM Korea Utara Robert King akan meminta Korea Utara membebaskan Kenneth Bae demi alasan kemanusiaan. Juru bicara Gedung Putih mengatakan Amerika sangat prihatin dengan kesehatan dan kondisi kehidupan Bae.

Bae ditangkap setelah memasuki negara itu pada November lalu sebagai seorang pemandu wisata. Ia kemudian divonis bersalah berusaha menggulingkan pemerintah dan divonis kerja paksa selama 15 tahun.

Saudara perempuan Bae mengatakan laki-laki itu dipindahkan dari kamp buruh ke rumah sakit setelah kehilangan berat badan lebih dari 23 kilogram. Ia mengatakan Bae menderita masalah ginjal dan hati.

Korea Utara belum menanggapi secara terbuka mengenai berita kunjungan King. Tetapi Departemen Luar Negeri Amerika menyatakan kunjungan King dilakukan atas undangan pemerintah Pyongyang.

Sejumlah utusan senior Amerika – termasuk mantan presiden Jimmy Carter dan Bill Clinton – di masa lalu berhasil dalam misi pembebasan warga negara Amerika yang dipenjara di Korea Utara.
XS
SM
MD
LG