Tautan-tautan Akses

AS

Utusan AS untuk Afghanistan dan Pakistan akan Letakkan Jabatan


Utusan khusus Amerika untuk Afghanistan dan Pakistan, Marc Grossman akan meletakkan jabatannya bulan depan (Foto: dok).

Utusan khusus Amerika untuk Afghanistan dan Pakistan, Marc Grossman akan meletakkan jabatannya bulan depan (Foto: dok).

Marc Grossman, utusan khusus Amerika untuk Afghanistan dan Pakistan yang bertugas sejak tahun lalu akan mengundurkan diri bulan depan.

Departemen Luar Negeri mengatakan Marc Grossman akan mengundurkan diri bulan depan dan akan digantikan oleh wakilnya David Pearce.

Grossman tahun lalu meninggalkan masa pensiunnya untuk memegang jabatan tersebut setelah mantan utusan Richard Holbrooke meninggal mendadak.

Semasa jabatan Grossman hubungan Amerika dan Pakistan mengalami ketegangan mengenai isu-isu serangan pesawat tanpa awak di wilayah Pakistan, sebuah serangan udara Amerika yang secara tidak sengaja menewaskan 24 tentara Pakistan dan serbuan Amerika di Abbotabad yang menewaskan pemimpin al-Qaida Osama bin Laden. Tugas Grossman juga termasuk mendukung proses perdamaian Afghanistan dan menekankan perlunya Pakistan terlibat dalam rekonsiliasi itu.

Dalam sebuah pernyataan Selasa malam, Menteri Luar Negeri Hillary Clinton menyampaikan terimakasih kepada Grossman atas upaya-upayanya memimpin sebuah upaya diplomatik yang menurut Clinton menghasilkan jaringan dukungan regional dan internasional bagi Afghanistan setelah 2014.
XS
SM
MD
LG