Tautan-tautan Akses

Utusan AS: Pabrik Nuklir Baru Korea Utara Bukan Krisis


Utusan khusus Amerika untuk Korea Utara Stephen Bosworth. (foto: dok)

Utusan khusus Amerika untuk Korea Utara Stephen Bosworth. (foto: dok)

Stephen Bosworth mengatakan kepada wartawan di Korea Selatan bahwa pemeberitahuan tentang pabrik baru itu "bukan sebuah krisis."

Utusan khusus Amerika untuk Korea Utara mengatakan klaim Pyongyang bahwa mereka telah membangun sebuah pabrik pengayaan uranium canggih baru telah melanggar resolusi PBB dan komitmen Korea Utara sendiri.

Namun, Stephen Bosworth mengatakan kepada wartawan di Korea Selatan bahwa pemeberitahuan tentang pabrik baru itu "bukan sebuah krisis."

Stephen Bosworth dan tim diplomat Amerika mengadakan pembicaraan hari Senin dengan para pejabat Korea Selatan di Seoul tentang fasilitas baru itu. Seorang pakar Amerika yang melihat pabrik itu mengatakan pabrik tersebut memiliki lebih dari 1.000 sentrifugal.

Stephen Bosworth mengatakan Amerika telah mengamati upaya Korea Utara dalam memperkaya uranium selama beberapa waktu. Stephen Bosworth mengatakan, pabrik baru itu jelas merupakan pelanggaran resolusi PBB dan komitmen Korea Utara dalam pembicaraan nuklir sebelumnya.

Stephen Bosworth berencana bertemu dengan para pejabat Jepang dan Tiongkok pekan ini. Ia mengatakan tidak bisa memprediksi masa depan perundingan enam negara yang bertujuan meyakinkan Korea Utara untuk menghentikan ambisi nuklirnya.

XS
SM
MD
LG