Tautan-tautan Akses

Utusan AS Desak Warga Afghanistan Upayakan Rekonsiliasi


Utusan khusus Amerika untuk Afghanistan dan Pakistan, Marc Grossman.

Utusan khusus Amerika untuk Afghanistan dan Pakistan, Marc Grossman.

Marc Grossman mengatakan, meski ada komitmen masyarakat internasional, Afghanistan juga harus melakukan upaya mereformasi masyarakat mereka.

Utusan Khusus Amerika untuk Afghanistan dan Pakistan Marc Grossman mendesak Afganistan agar mengupayakan rekonsiliasi dan mulai mempersiapkan perekonomian masa damai.

Grossman memberitahu VOA masyarakat internasional berkomitmen untuk melanjutkan keterlibatan dan investasi di Afghanistan, seperti dinyatakan dalam dokumen final konperensi di Bonn tentang Afghanistan awal bulan ini. Tetapi dia mengatakan rakyat Afghanistan juga harus melakukan upaya untuk mereformasi masyarakat mereka.

Dia mengatakan perekonomian negara itu kini bergantung pada belanja militer, tapi selama masa transformasi, yang diharapkan dapat dimulai dalam dua tahun, anggaran untuk militer itu akan menurun dan investasi sektor swasta akan sangat penting.

Grossman juga mengungkapkan bahwa pada konferensi sebelumnya di Istanbul, negara-negara tetangga Afghanistan memetakan sebuah pandangan mengenai Afghanistan yang aman dan makmur di sebuah kawasan yang aman dan stabil. Ia mengatakan bahwa meskipun Pakistan menolak berpartisipasi pada konferensi masa depan Afghanistan di Bonn, Jerman, Perdana Menteri Yousuf Raza Gilani menyambut positif hasil-hasil pertemuan itu.

XS
SM
MD
LG