Tautan-tautan Akses

Utusan AS Desak Pakistan Serang Tempat Persembunyian Militan


Utusan khusus AS untuk Afghanistan dan Pakistan, Marc Grossman.

Utusan khusus AS untuk Afghanistan dan Pakistan, Marc Grossman.

Di New Delhi, Duta Besar Marc Grossman mendesak Pakistan berbuat lebih banyak menangani tempat-tempat persembunyian teroris.

Utusan khusus Amerika untuk Afghanistan dan Pakistan mendesak Islamabad untuk berbuat lebih banyak dalam menangani tempat-tempat persembunyian teroris di wilayah mereka.

Dalam kunjungan resmi pertamanya ke New Delhi, India, Duta Besar Marc Grossman mengatakan Jumat bahwa Amerika mendesak Pakistan untuk melakukan apa saja yang mungkin untuk menangani masalah itu, karena itu akan membantu menghadirkan kedamaian bagi negara tetangganya, Afghanistan.

Komentarnya ini muncul di tengah-tengah tekanan Amerika yang meningkat terhadap Pakistan untuk mengambil tindakan lebih keras terhadap para militan. Amerika beranggapan Taliban Afghanistan dan kelompok-kelompok lain yang terkait al-Qaida memiliki posisi yang kuat di kawasan kesukuan Barat Daya Pakistan, di pangkalan-pangkalan yang digunakan untuk melancarkan serangan ke Afghanistan.

Pekan lalu, pajabat tinggi militer Amerika Laksamana Mike Mullen mengatakan, beberapa anggota intelejen Pakistan memiliki hubungan yang sudah berlangsung lama dengan jaringan Haqqani, salah satu dari kelompok militan itu.

Pakistan membantah keterkaitan itu. Namun, militer negara itu selama ini terkesan ragu melancarkan operasi baru terhadap kelompok-kelompok militan asing dengan alasan mereka ingin memperkokoh kemajuan yang dicapai dalam menghadapi elemen-elemen Taliban dalam negeri.

XS
SM
MD
LG