Tautan-tautan Akses

Usul Baru Yunani Tingkatkan Peluang Dapatkan Kucuran Dana


Presiden Uni Eropa Donald Tusk.

Presiden Uni Eropa Donald Tusk.

Presiden Uni Eropa Donald Tusk mengatakan bahwa reformasi baru Yunani atas tata pensiun dan pajak penjualan adalah usul sungguh-sungguh pertama yang baru dalam beberapa minggu ini.

Usul baru dari Yunani meningkatkan peluang negara yang terlilit utang itu untuk mendapat persetujuan dari para kreditornya dan menghindari kemungkinan gagal bayar pinjamannya pada akhir bulan ini.

Presiden Uni Eropa Donald Tusk mengatakan Senin malam (22/6) bahwa reformasi baru Yunani atas tata pensiun dan pajak penjualan adalah usul sungguh-sungguh pertama yang baru dalam beberapa minggu ini.

Para menteri keuangan zona Euro akan mengadakan pertemuan di Brussels nanti pekan ini mengenai usul Yunani yang baru itu.

Yunani harus membayar hampir US$2 milyar angsuran pinjaman kepada Dana Moneter Internasional (IMF) sebelum akhir bulan ini. Untuk melaksanakannya, Yunani membutuhkan dana talangan $8 milyar dari Uni Eropa.

Pembicaraan antara Yunani dan para menteri keuangan Eropa telah macet karena tuntutan Uni Eropa akan lebih banyak reformasi ekonomi dari Athena. Tetapi, pemerintah kiri Yunani telah mengatakan Yunani telah cukup menderita akibat pemotongan anggaran dan kenaikan pajak yang telah menurunkan taraf hidup mereka.

Kegagalan Yunani membayar angsuran utangnya dapat mengeluarkan negara itu dari zona euro dan mengguncang pasar Eropa.

Ribuan orang Yunani berdemonstrasi di luar gedung parlemen Senin malam menuntut agar pemerintah melakukan semua yang dapat dilakukan untuk mempertahankan Yunani tetap dalam zona euro – kelompok 19 negara yang menggunakan euro sebagai mata uangnya.

XS
SM
MD
LG