Tautan-tautan Akses

Uskup AS Mundur karena Tak Laporkan Kasus Pelecehan


Uskup Robert Finn mundur sebagai pemimpin Gereja Katolik Kansas City, St. Joseph, Missouri (foto: dok).
Uskup Robert Finn mundur sebagai pemimpin Gereja Katolik Kansas City, St. Joseph, Missouri (foto: dok).

Uskup Robert Finn telah mundur sebagai pemimpin Gereja Katolik Kansas City, St. Joseph, Missouri, setelah divonis bersalah karena tidak melaporkan kasus pelecehan seksual.

Vatikan mengatakan, Paus Fransiskus telah menerima pengunduran diri seorang uskup Amerika yang divonis bersalah karena tidak melaporkan seorang Pastur yang mengumpulkan gambar-gambar seronok anak-anak di bawah umur.

Uskup Robert Finn mundur sebagai pemimpin Gereja Katolik Kansas City, St. Joseph, Missouri.

Uskup Finn adalah pejabat tertinggi gereja Katolik di Amerika yang divonis bersalah sehubungan kasus pelecehan seksual terhadap anak yang melibatkan anggota pengurus gereja. Vatikan tidak secara spesifik mengungkapkan alasan pengunduran diri Finn, tapi Paus menerima pengunduran diri itu berdasarkan UU gereja Katolik.

Jaksa mengatakan uskup itu tidak memberitahu polisi selama enam bulan setelah foto-foto porno gadis-gadis muda ditemukan di komputer pastur Shawn Ratigan pada 2011.

Uskup Finn divonis bersalah pada 2013 karena tidak melaporkan dugaan pelecehan terhadap anak-anak dan dihukum percobaan selama dua tahun, namun tetap mempertahankan jabatannya.

XS
SM
MD
LG