Tautan-tautan Akses

Uskup California, AS Mundur karena Punya ‘Keluarga Tersembunyi’


Uskup Gabino Zavala (kiri) saat memimpin misa di sebuah gereja Katolik di Los Angeles (foto: dok).

Uskup Gabino Zavala (kiri) saat memimpin misa di sebuah gereja Katolik di Los Angeles (foto: dok).

Uskup di Los Angeles, Gabino Zavala, mengungkapkan bahwa ia punya keluarga, termasuk dua anak remaja yang tinggal di negara bagian lain.

Pembantu Uskup Gereja Katholik Roma telah mengundurkan diri di California setelah mengungkapkan bahwa ia punya keluarga, termasuk dua anak remaja yang tinggal di negara bagian lain.

Vatikan hari Rabu mengumumkan bahwa Paus Benedictus telah menyetujui pengunduran diri Gabino Zavala, yang tadinya mengabdi di Los Angeles. Gereja Katholik Roma mengharuskan seluruh pastur untuk hidup membujang.

Atasan Zavala – Uskup Agung Jose Gomez dalam sepucuk surat kepada para jemaat hari Rabu mengatakan Zavala telah mengungkapkan rahasianya awal Desember lalu. Uskup Agung Jose Gomez mengatakan sejak saat itu Zavala mengundurkan diri dari gerejanya.

Jose Gomez juga mengatakan keuskupan Los Angeles telah menawarkan bantuan spiritual dan keuangan untuk keluarga Zavala. Ia tidak mengungkapkan nama mereka, dengan mengatakan ingin melindungi privasi mereka.

Gereja Katholik di Amerika telah dirongrong oleh sejumlah skandal seks beberapa tahun ini, memicu pengunduran diri atau pemecatan sejumlah uskup dan pastur.

XS
SM
MD
LG