Tautan-tautan Akses

USDA Kukuhkan Kasus Penyakit Sapi Gila di California


Penyakit sapi gila ditemukan di sebuah perternakan sapi perah di Hanford, California (24/4).

Penyakit sapi gila ditemukan di sebuah perternakan sapi perah di Hanford, California (24/4).

Departemen Pertanian Amerika telah mengukuhkan kasus penyakit sapi gila yang ke empat di Amerika pada seekor sapi perahan dari California tengah.

Kepala Kedokteran Hewan Departemen Pertanian, John Clifford hari Selasa mengatakan hal ini tidak menempatkan kesehatan manusia dalam resiko. Ia mengatakan sapi yang terkena penyakit itu bukan sapi yang disembelih untuk diambil dagingnya, dan susu yang dihasilkan tidak menularkan penyakit itu.

Clifford mengatakan pejabat-pejabat departemen itu kini membagikan hasil tes laboratorium itu dengan Organisasi Kesehatan Hewan Dunia.

Clifford mengatakan langkah pengamanan sejak lama oleh Amerika dan negara-negara lain untuk melindungi manusia dari penyakit sapi gila kini berhasil. Ia menambahkan bahwa hanya ada 29 kasus penyakit itu di seluruh dunia pada tahun 2011 turun drastis dari puncaknya lebih dari 37 ribu kasus pada tahun 1992.

Penyakit sapi gila menyerang otak hewan yang terjangkit. Penyakit itu selalu fatal. Para dokter mengatakan orang bisa terkena sejenis bentuk penyakit itu yang khusus terjadi pada manusia jika mengkonsumsi daging tercemar.
XS
SM
MD
LG