Tautan-tautan Akses

Usaha PBB Kembali Terhalang Bentrokan di Suriah


Anggota Palang Merah Suriah memberikan makanan dan minuman.

Anggota Palang Merah Suriah memberikan makanan dan minuman.

Usaha bantuan PBB untuk mengungsikan warga kota Homs yang terkepung terhalang dengan dimulainya lagi bentrokan antara pihak-pihak yang bersengketa di Suriah.

Kata Palang Merah Suriah, salah seorang sopir truknya luka kena tembakan dari orang-orang yang belum diketahui. Kata badan bantuan itu, peluru-peluru mortir berjatuhan dekat konvoi mereka, dan tembakan-tembakan meriam dilaporkan mengenai berbagai bagian kota Homs.

Pemerintah Suriah dan kelompok oposisi saling menyalahkan tentang siapa yang melanggar gencatan senjata, yang diadakan supaya bantuan kemanusiaan bisa masuk dan warga sipil bisa meninggalkan kota itu.

Koordinator bantuan PBB Valerie Amos mengatakan ia sangat kecewa karena gencatan senjata itu terhenti dan para petugas bantuan justru menjadi sasaran tembakan. Katanya, ini adalah peringatan tentang bahaya yang dihadapi warga sipil dan petugas bantuan tiap hari di Suriah.

Tapi PBB mengatakan akan terus melanjutkan misi kemanusiaannya untuk membawa makanan, obat-obatan dan kebutuhan lain ke kota Homs bagi ribuan warga sipil yang terperangkap disana.
XS
SM
MD
LG