Tautan-tautan Akses

Tiongkok: RUU Sanksi AS Terkait Yuan Langgar Aturan Internasional


Tiongkok memrotes langkah Kongres AS yang meloloskan RUU sanksi AS terhadap Tiongkok atas manipulasi yuan, berupa bea impor yang lebih tinggi.

Tiongkok memrotes langkah Kongres AS yang meloloskan RUU sanksi AS terhadap Tiongkok atas manipulasi yuan, berupa bea impor yang lebih tinggi.

Kementerian Perdagangan mengatakan RUU tersebut akan mendorong Amerika memberlakukan rancangan perdagangan proteksionis.

Tiongkok mengatakan usaha Kongres Amerika untuk menghukum Tiongkok dan negara lain-negara lain karena merendahkan nilai mata uang mereka, melanggar peraturan perdagangan internasional.

Kongres Amerika telah menyetujui rancangan undang-undang yang hendak menjatuhkan sanksi terhadap Tiongkok dan negara-negara lain yang sengaja merendahkan nilai mata uang mereka.

Juru Bicara Kementerian Perdagangan Tiongkok Yao Jin mengeluarkan pernyataan pada hari Kamis yang mengatakan rancangan tersebut, “Tidak sesuai dengan peraturan Organisasi Perdagangan Dunia.” Yao mengatakan rancangan itu akan mendorong Amerika memberlakukan rancangan perdagangan proteksionis.

Para anggota Kongres dan perusahaan Amerika menuduh Tiongkok menekan nilai Yuan tetap rendah, yang membuat barang produksi Tiongkok berharga lebih rendah di pasar dunia. Mereka mengatakan manipulasi yuan telah merugikan sektor manufaktur Amerika.

Kamar Dagang Amerika di Tiongkok mendukung Beijing dalam menentang rancangan tersebut. Kelompok itu mengeluarkan pernyataan yang mengatakan rancangan tersebut “akan gagal menciptakan pertumbuhan pekerjaan yang berarti di Amerika,” dan bahkan kemungkinan akan menghilangkan pekerjaan yang berhubungan dengan ekspor Amerika.

XS
SM
MD
LG