Tautan-tautan Akses

PM India Bertekad Ambil Tindakan Keras untuk Berantas Korupsi


PM Manmohan Singh mengatakan tidak ada ilmu gaib untuk menyelesaikan masalah korupsi di India.

PM Manmohan Singh mengatakan tidak ada ilmu gaib untuk menyelesaikan masalah korupsi di India.

PM Singh menghimbau semua partai bergabung dalam perang melawan korupsi yang meluas di India, dalam pidato HUT Kemerdekaan India ke-64.

Perdana Menteri India Manmohan Singh mengatakan hari Senin pemerintahnya akan mengambil tindakan sekeras mungkin untuk melawan korupsi yang meluas di negaranya.

Dalam pidatonya di New Delhi memperingati hari ulang tahun ke-64 kemerdekaan India dari Inggris, Singh mengatakan tidak ada ilmu gaib untuk menyelesaikan masalah itu. Ia mengatakan pemerintah sedang memerangi korupsi dalam beberapa tingkat dan menghimbau kepada semua partai politik untuk bergabung dalam perang itu.

Beberapa skandal korupsi yang terkenal telah menjadi kepala berita di India dalam satu tahun ini. Skandal itu antara lain penjualan izin telekomunikasi di bawah harga pasar, banyak ketidak beresan keuangan ketika India menjamu Pesta Olah Raga Persemakmuran tahun lalu, dan proyek tanah, perumahan dan bangunan.

Partai Singh, Partai Congres yang berkuasa, telah mengajukan rancangan anti-korupsi yang baru di parlemen yang akan menciptakan sebuah organbisasi sipil, atau lokpal, dengan wewenang untuk menyelidiki menteri dan birokrat.

Tetapi, Anna Hazane, seorang aktivis sosial yang terkemuka, yang telah memperjuangkan lokpal, telah menolak rancangan itu karena dianggapnya lemah, dan versi yang lemah dari tuntutannya.

Hazane telah berjanji akan melanjutkan puasa sampai mati hari Selasa untuk memrotes rancangan undang-undang tersebut, yang katanya tidak mengizinkan lokpal untuk mengungkapkan dan mendakwa perdana menteri atau judikatif. Mogok makan yang serupa bulan April mendapat liputan banyak media dan gelombang demonstrasi rakyat di seluruh India.

XS
SM
MD
LG