Tautan-tautan Akses

AS

Media AS: NSA Melanggar Aturan Privasi Berulang-kali


Markas NSA di Fort Meade, Maryland, USA. Audit internal terhadap badan ini mengungkapkan NSA telah sering melanggar aturan privasi.

Markas NSA di Fort Meade, Maryland, USA. Audit internal terhadap badan ini mengungkapkan NSA telah sering melanggar aturan privasi.

Audit internal terhadap Badan Keamanan Nasional (NSA) menunjukkan NSA telah sering melanggar aturan privasi .

Audit internal terhadap Badan Keamanan Nasional (NSA) dan dokumen rahasia lainnya yang diungkapkan oleh media berita AS menunjukkan badan itu "telah melanggar aturan privasi atau melampaui otoritas hukumnya ribuan kali" setiap tahun sejak Kongres memberi NSA wewenang baru yang luas pada tahun 2008.

Harian Washington Post, yang pertama melaporkan berita itu, mengatakan sebagian besar pelanggaran melibatkan pengintaian tanpa otorisasi terhadap orang Amerika atau target intelijen asing di AS. Kegiatan-kegiatan tersebut dibatasi oleh hukum dan instruksi presiden. Surat kabar itu mengatakan pelanggaran mulai dari "pelanggaran hukum yang signifikan" hingga kesalahan ketik yang mengakibatkan penyadapan e-mail dan telepon tanpa sengaja di Amerika.

Harian New York Times mengutip wakil direktur bidang hukum American Civil Liberties Union, Jameel Jaffer, yang mengatakan beberapa tindakan NSA lebih mengganggu daripada yang lain, tetapi banyaknya tindakan itu sangat mencengangkan.

Washington Post mengatakan pembocor NSA Edward Snowden memberikan dokumen-dokumen tersebut kepada harian itu beberapa minggu yang lalu. Laporan itu mencakup rincian dan analisa yang “tidak secara rutin diberitahu kepada Kongres atau pengadilan khusus yang mengawasi pengintaian.”

Berita pertama tentang kegiatan NSA itu dimuat on-line Kamis malam, dan itu diterbitkan di surat kabar hari Jumat di Washington dan New York.

Seorang pejabat senior NSA yang tidak disebut identitasnya mengatakan kepada Washington Post, "Kami badan yang dikelola manusia yang beroperasi dalam lingkungan yang rumit dengan sejumlah paket peraturan yang berbeda, jadi kadang-kadang kami mendapati diri kami di sisi yang salah." Harian New York Times mengutip dari pernyataan NSA yang mengatakan: "Ketika NSA melakukan kesalahan dalam menjalankan misi intelijen asing, badan itu melaporkan masalah itu secara internal kepada pengawas federal - dan secara agresif menyelesaikannya."
XS
SM
MD
LG