Tautan-tautan Akses

Uruguay Gilas Tuan Rumah, 3-0

  • Victor Pattianakotta

Pemain Uruguay, Diego Forlan, merayakan gol pertamanya ke gawang Afsel pada pertandingan hari ini di Stadion Loftus Versfeld di Pretoria.

Pemain Uruguay, Diego Forlan, merayakan gol pertamanya ke gawang Afsel pada pertandingan hari ini di Stadion Loftus Versfeld di Pretoria.

Kemenangan ini, yang merupakan kemenangan pertama Uruguay di Piala Dunia sejak tahun 1990.

Uruguay menggilas tuan rumah Afrika Selatan, 3-0, dalam pertandingan kedua masing-masing tim di Pretoria. Kemenangan ini, yang merupakan kemenangan pertama Uruguay di Piala Dunia sejak tahun 1990, membuat tim itu sementara bertengger di puncak grup A.

Bintang Uruguay, Diego Forlan, mencetak dua gol bagi timnya. Pada menit ke-25, ia melepaskan tendangan dari jarak 25 meter melewati kepala kiper Itumeleng Khune dan masuk tipis di bawah mistar gawang.

Pemain berusia 31 tahun itu sekali lagi mencetak gol di menit ke-80 dari titik penalti setelah diganjal oleh kiper Afrika Selatan di dalam kotak penalti. Atas pelanggaran itu, Itumeleng Khune mendapat kartu merah.

Pemain tengah Uruguay, Alvaro Pereira, menambah gol Uruguay pada injury time setelah memanfaatkan umpan Luis Suarez.

Sebelumnya, juara Piala Eropa 2008 Spanyol ditundukkan Swiss 1-0 dalam laga perdana mereka di Piala Dunia Afrika Selatan, sementara Chili mengalahkan Honduras 1-0. Dengan kemenangan itu, Swiss dan Chili sama-sama memimpin grup H.

Kemenangan Swiss atas Spanyol merupakan kejutan besar di Piala Dunia hingga saat ini. Spanyol menguasai jalannya pertandingan di Durban, tapi Swiss mampu menunjukkan pertahanan yang solid dan memanfaatkan kesempatan beberapa serangannya.

Setelah Eren Derdiyok menggiring bola, Gelson Fernandes menendang bola liar di depan gawang pada menit ke-52.

Sebelumnya di Nelspruit, Chili melepaskan 20 tendangan ke arah gawang, jauh lebih banyak dibandingkan Honduras yang hanya menembakkan tujuh. Jean Beausejour memanfaatkan umpan silang dari Maurico Isla di menit ke-34 dan memberi kemenangan pertama bagi Chili di Piala Dunia dalam 48 tahun.

XS
SM
MD
LG