Tautan-tautan Akses

Upayakan Perundingan, Presiden Afghanistan Melawat ke Pakistan


Presiden Afghanistan Hamid Karzai akan melawat ke Pakistan, Senin, 26 Agustus 2013 (Foto: dok).
Presiden Afghanistan Hamid Karzai akan melawat ke Pakistan, Senin, 26 Agustus 2013 (Foto: dok).

Presiden Afghanistan Hamid Karzai akan melawat ke Pakistan untuk menemui perdana menteri yang baru terpilih, Nawaz Sharif, hari Senin (26/8).

Presiden Karzai diperkirakan akan meminta bantuan Pakistan untuk mengatur perundingan antara tim perunding Afghanistan dan wakil-wakil Taliban.

Para pemimpin Afghanistan sudah sejak lama menuduh Pakistan melindungi para komandan tinggi Taliban, dan badan mata-mata Pakistan – ISI – membantu para pemberontak merencanakan serangan lintas-batas terhadap pasukan lokal Afghanistan dan pasukan koalisi pimpinan Amerika. Pakistan membantah tuduhan-tuduhan ini.

Duta Besar Afghanistan di Islamabad Mohammad Umar Daudzai mengatakan meskipun Afghanistan dan Pakistan gagal mencapai kemajuan “dalam bidang keamanan”, kedua negara berhasil memperkuat hubungan di bidang-bidang lain.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Pakistan Aizaz Ahmed Chaudry mengatakan lawatan Presiden Hamid Karzai merupakan simbol bagaimana kepemimpinan kedua negara ingin memulihkan lebih jauh hubungan mereka.

Recommended

XS
SM
MD
LG