Tautan-tautan Akses

Upaya Kontra-Kudeta di Mali Gagal


Pemimpin kudeta Kapten Amadou Sanogo (Foto: dok),

Pemimpin kudeta Kapten Amadou Sanogo (Foto: dok),

Pasukan pemberontak yang menggulingkan presiden terpilih secara demokratis negara itu Maret lalu telah mengalahkan usaha kontra–kudeta.

Para pejabat junta mengatakan Selasa, markas utama para penjaga yang setia kepada presiden terguling Amadaoiu Toumani Toure telah diambilalih, sementara tentara kontra kudeta yang tersisa, telah melarikan diri. Pemimpin kudeta militer mengatakan pemerintah transisi tetap bertahan

Kedubes Amerika di ibukota, Bamako, juga mengatakan, usaha kontra kudeta oleh pasukan yang setia kepada presiden terguling tampaknya telah gagal.

Pemimpin kudeta militer Amadou Sanogo mengatakan dalam sebuah pernyataan televisi Selasa bahwa pasukannya masih tetap menguasai posisi-posisi penting di ibukota. Ia juga mengatakan pemerintah transisi yang terdiri dari unsur sipil, yang dibentuk melalui kesepakatan dengan negara-negara tetangga, tetap tidak berubah.

Seorang jurubicara pemerintah transisi, Hamadoun Toure, menyerukan agar rakyat Mali tetap tenang pasca kekerasan yang menewaskan sedikitnya 15 orang itu.
XS
SM
MD
LG