Tautan-tautan Akses

Upaya Pembatasan Pemanasan Global Tidak Akan Cegah Pencairan Es


Melelehnya es dunia akibat pemanasan global seperti di wilayah Greenland ini berpotensi menaikkan permukaan air laut setinggi satu meter di akhir abad (Foto: dok).

Melelehnya es dunia akibat pemanasan global seperti di wilayah Greenland ini berpotensi menaikkan permukaan air laut setinggi satu meter di akhir abad (Foto: dok).

Para ilmuwan di Universitas Rutgers, Amerika Serikat, mengatakan pencairan sebagian es di pegunungan dan Greenland serta lapisan es di Antartika dapat menaikkan satu meter permukaan laut sebelum akhir abad ini.

Para ilmuwan mengatakan usaha membatasi pemanasan global ke batas aman yang diakui internasional, dua derajat Celsius, kemungkinan tidak akan cukup untuk mencegah pencairan es yang menaikkan banyak permukaan laut di seluruh dunia dalam 1000 tahun mendatang.

Temuan mereka menunjukkan bahwa segera setelah lapisan es Bumi dan lapisan es yang besar sama sekali habis mencair, proses yang dapat memakan waktu berabad-abad atau bahkan seribu tahun, untuk selesai permukaan laut dapat 12 hingga 22 meter lebih tinggi daripada sekarang.

Lebih dari 60 persen penduduk dunia sekarang tinggal di daerah pantai, banyak dari tempat ini akan kebanjiran oleh peningkatan besar permukaan laut.

Para peneliti itu, yang dipimpin oleh profesor Universitas Rutgers Kenneth Miller, memeriksa contoh inti yang diambil dari Selandia Baru, negara bagian Virginia Amerika Serikat di pantai timur, dan kepulauan Eniwetok di Samudera Pasifik. Mereka memusatkan perhatian pada masa antara 2,7 dan 3,2 juta tahun lalu, karena itulah terakhir kalinya tingkat karbon dioksida, CO2, setinggi sekarang ini. Suhu sedunia pada waktu itu dua derajat Celsius lebih tinggi daripada sekarang.

Penelitian baru itu dimuat dalam jurnal 'Geology'.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG