Tautan-tautan Akses

Upaya Atasi Kebocoran Minyak Capai Kemajuan


Penutup yang dipasang pada sumur yang bocor telah menyalurkan sebagian minyak ke kapal di permukaan laut.

Pengawal Pantai Amerika mengatakan ada kemajuan dalam upaya membendung sumur minyak yang bocor di Teluk Meksiko. Tetapi Pengawal Pantai memperingatkan bahwa pembendungan itu masih dalam tahap awal.

Dalam taklimat kepada wartawan hari Jumat, Laksamana Thad Allen mengatakan, penutup yang dipasang pada sumur yang bocor itu telah menyalurkan sebagian minyak ke kapal di permukaan laut.

Ia mengatakan, minyak masih terus mengalir dari ventilasi pada penutup tersebut, namun ventilasi itu perlahan-lahan ditutup. Allen mengatakan perlu waktu berjam-jam sebelum para pejabat dapat menaksir keberhasilan upaya itu dan seberapa banyak minyak yang dikumpulkan.

Laksamana Allen juga mengatakan tiupan angin menyebabkan sebaran minyak utama terpecah menjadi sebaran-sebaran kecil di Teluk.

Presiden Barack Obama dijadwalkan mengunjungi kawasan itu Jumat sore ini untuk memperkirakan upaya-upaya menghentikan tumpahan itu.

Dalam wawancara hari Kamis dengan CNN Obama menyatakan ia sangat marah atas keadaan tersebut. Presiden Obama menangguhkan rencana kunjungannya ke Indonesia dan Australia bulan ini dalam upaya menghadapi masalah kebocoran minyak tersebut.

XS
SM
MD
LG